Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas

Ada yang sudah tau sanksi Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas? Sanksi pelanggaran lalu lintas di jalan raya semakin berat. Dalam undang-undang tentang lalu lintas yang terbaru, sanksi denda naik sekitar 10 kali lipat dengan kisaran Rp 250 ribu hingga Rp 1 juta.

Berikut sejumlah sanksi pelanggaran lalu lintas berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas, yang disahkan DPR pada 22 Juni lalu.

- Setiap pengendara kendaraan bermotor yang tidak memiliki SIM dipidana dengan pidana kurungan paling lama 4 bulan atau denda paling banyak Rp 1 juta (Pasal 281).

- Setiap pengendara kendaraan bermotor yang memiliki SIM namun tak dapat menunjukkannya saat razia dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu (Pasal 288 ayat 2).

- Setiap pengendara kendaraan bermotor yang tak dipasangi Tanda Nomor Kendaraan dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu (Pasal 282).

- Setiap pengendara sepeda motor yang tak dilengkapi kelayakan kendaraan seperti spion, lampu utama, lampu rem, klakson, pengukur kecepatan, dan knalpot dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu (Pasal 285 ayat 1).

- Setiap pengendara mobil yang tak dilengkapi kelayakan kendaraan seperti spion, klakson, lampu utama, lampu mundur, lampu rem, kaca depan, bumper, penghapus kaca dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu (Pasal 285 ayat 2).

- Setiap pengendara mobil yang tidak dilengkapi dengan perlengkapan berupa ban cadangan, segitiga pengaman, dongkrak, pembuka roda, dan peralatan pertolongan pertama pada kecelakaan dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu (Pasal 278).

- Setiap pengendara yang melanggar rambu lalu lintas dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu (Pasal 287 ayat 1).

- Setiap pengendara yang melanggar aturan batas kecepatan paling tinggi atau paling rendah dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu (Pasal 287 ayat 5).

- Setiap pengendara yang tak memiliki Surat Tanda Nomor Kendaraan atau STNK dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu (Pasal 288 ayat 1).

- Setiap pengemudi atau penumpang yang duduk disamping pengemudi mobil tak mengenakan sabuk keselamatan dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu (Pasal 289).

- Setiap pengendara atau penumpang sepeda motor yang tak mengenakan helm standar nasional dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu (Pasal 291).

- Setiap pengendara sepeda motor yang akan berbelok atau balik arah tanpa memberi isyarat lampu dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu (Pasal 294).

About these ads

16 Responses to “Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas”

  1. wadouw biyung lha nek lali ra nggowo kabeh tur sangune ming 10ewu njuk adol kathok……………………???????????

  2. sholatnya tertib yo pasti tertib dijalan yo to rek.salam tertib

  3. apa sanksi bg POLANTAS itu sendiri jika pengendara motor lengkap identitas&spion yg bulat pakai nya,tp tetap d tilang dgn alasan motor tdk sesuai dgn standard.
    pdhal sama aja spion namanya

  4. polisi akhir nya mau jg menerima suap tilang,dgn alasan buat makan siang krg kalo hanya d kasi uang 50rb.karena beliau jaga 2 org petugas satlantas

  5. sy bingung atas peraturan lalu-lintas yg ada.apakah POLANTTAS itu sendiri lengkap identitas&motor nya dah standard

  6. harus di awasi tuh….yang melaksanakan undang – undang tersebut?…….. barangkali sewenang wenang.

  7. msh srg qt jumpai dijalan,polisi yg ngga pake sabuk pengaman,yg nyerobot lampu merah,pdhl klo sy liat dy ngga ada kegiatan yg urgent…

  8. Dengan angka Tilang yang signifikan memberi peluang kepada anggota Lantas di Negeri ini banyak yang “nakal’, akan sebagai ATM sehari-hari,..entah itu buat setoran atau apa, … kemudian “cross check” apa gaji kalian ga cukup ?, fungsi control sosial ditingkatkan guna meminimalisir Pungli..”ayo” saling berbenah.

  9. kalo mau nerapkan aturan mbok ya dari aparat sendiri yang harus memberikan contoh. eh malah yang melanggar banyak kok aparat sendiri. ambil saja contoh nopol cantik yang dibuat/dicetak tidak sesuai dengan letter aslinya yang sengaja ada angkanya yang dibuat miring biar kebaca seperti nama seseorang. itu kan melanggar aturan dan yang pakai nopol tersebut malah aparat kepolisian. gimana kalo kita yang makai nopol seperti itu….blas kena tilang tidak ada ampun. apa iya aturan itu dibuat untuk dilanggar ya jelas nggak kan…………………

  10. supratman Says:

    Apakah ada yg tau atau pernah pengalaman disidang , kalo pelanggaran mobil penumpang diisi barang kira2 berapa dendanya, dan menggunakan plat nomor yg tak asli ( tak ada cap dari Polisi ) berapa dendanya. Makasih.

  11. Salmani Says:

    Sy punya sepeda electrik lewan jln raya tanpa helm boleh gak..?dan apa ada undang2 yg memuat tentang sepeda electrik.thks

  12. apakah pake ban ceking bisa dikenain tilang ?

  13. berapa desible sih batas suara knalpot yng tidak melanggar UU ?

  14. bodi asli sepedamotor saya ngga ada orang jual ,terus saya ganti sama yang jenis lain tetapi masih dari merk yg sama serta warnanya saya sesuaikan stnk ,, apakah hal itu melanggar UU ?

  15. pake knalpot standar dari motor yang lain jenis apakah melanngar UU ?

  16. sy pernah ditilang,.. tanpa pemeriksaan lebih dulu atau sekedar ditanya, dg galaknya polisi itu blg surat2 motor sy tdk lengkap! Apa polisi itu bs meliat dg mata yg lain… Bukan polantas lg.. Klo spt itu apa bukan pelanggaran? dilaporkan dmn?
    Jelas sy marah sekali, sy bs buktikan, bhw surat2 motor sy lengkap dan slm 5 thn tdk pernah telat pajak…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: